Image
0

Kali Ini Tentang Kakekku

Kakekku adalah manusia paling menyenangkan dan baik hati yang pernah aku kenal. Dia adalah pendongeng yang hebat. Aku selalu menyukai saat – saat bersamanya. Kami akan menghabiskan waktu untuk mengobrol dan meminum kopi hitam kesukaannya tiap kali bertemu. Dia pasti akan menceritakan kisah – kisah masa mudanya tiap kali aku berada di sampingnya. Dari kisah – kisahnya aku tahu dia laki – laki yang hebat dan sangat menyenangkan.

Hobinya adalah memelihara binatang. Ayam jago dan burung adalah favoritnya. Beberapa hari sekali dia pasti akan pergi ke pasar untuk membeli makanan untuk peliharaannya. Sepulangnya dari pasar dia pasti akan membelikan serabi kesukaanku. Dan setelahnya kami akan duduk bersama di teras rumah sambil makan serabi dengan segelas kopi hitam. Dia juga akan menghitung sisa uangnya setelah berbelanja dan beberapa sisanya selalu dia bagi untukku sebagai uang jajan.

Tiap libur tiba aku dan kakek selalu pergi ke sawah ataupun ke hutan miliknya. Aku suka melihatnya mencangkul. Dia selalu bersemangat meskipun sudah tua. Sementara dia sibuk dengan cangkulnya, aku akan berjalan – jalan di pinggir kali kecil dekat sawah. Airnya sangat jernih, kadang ada ikan – ikan kecil terlihat sedang berenang. Di pinggiran kali juga terdapat bunga – bunga liar. Warnanya kuning menyala, bentuknya bulat dan besar menyerupai matahari. Aku menyebutnya bunga matahari. Biasanya setelah kakek selesai mencangkul dia akan memetik singkong dan membakarnya dengan kayu seadanya. Dan setelahnya kami akan memakan singkong bakar itu bersama – sama, sambil mengobrol random tema.

Tak pernah habis rasanya semua cerita tentang kakek. Meskipun sekarang dia tak lagi ada di jagad raya ini. Aku selalu merindukannya. Mengenang saat – saat bersamanya. Saat – saat terbaik yang tak kan tergantikan oleh apapun. Dia adalah manusia paling baik setelah ibuku. Tak ada yang mampu melakukan sebaik dia. Aku merindukanmu, embah. Semoga doa – doa yang selalu ku panjatkan untukmu sehabis sholat sampai kepadamu. Aku menyayangimu dulu, sekarang dan selamanya.

Coming_Home_by_jd_photowork

Tinggalkan Pesan

